Sabtu, 16 Maret 2013

Daftar Search Engine/Web Browser

Search Engine adalah program komputer yang dirancang untuk membantu seseorang menemukan file-file yang disimpan dalam komputer, misalnya dalam sebuah server umum di web (WWW) atau dalam komputer sendiri. Mesin pencari memungkinkan kita untuk meminta content media dengan kriteria yang spesifik (biasanya yang berisi kata atau frasa yang kita tentukan) dan memperoleh daftar file yang memenuhi kriteria tersebut. Mesin pencari biasanya menggunakan indeks (yang sudah dibuat sebelumnya dan dimutakhirkan secara teratur) untuk mencari file setelah pengguna memasukkan kriteria pencarian.
Dalam konteks Internet, mesin pencari biasanya merujuk kepada WWW dan bukan protokol ataupun area lainnya. Selain itu, mesin pencari mengumpulkan data yang tersedia di newsgroup, database besar, atau direktori terbuka seperti DMOZ.org. Karena pengumpulan datanya dilakukan secara otomatis, mesin pencari berbeda dengan direktori Web yang dikerjakan manusia.
Sebagian besar mesin pencari dijalankan oleh perusahaan swasta yang menggunakan algoritma kepemilikan dan database tertutup – yang paling populer adalah Google (MSN Search dan Yahoo! tertinggal sedikit di belakang). Telah ada beberapa upaya menciptakan mesin pencari dengan sumber-terbuka (open-source), contohnya adalah Htdig, Nutch, Egothor dan OpenFTS
fungsi search engine adalah untuk mencari alamat-alamat website yang berisi berbagai bentuk informasi seperti tulisan, gambar, video, dsb. dengan mudah dan cepat.

1. Contoh-contoh Search Engine

Yahoo!
(www.yahoo.com)

Salah satu portal terbesar di Internet, selain MSN., dan juga salah satu mesin pencaru tertua. Halaman utamanya sendiri tidak terlalu ramah untuk pencarian, tetapi Yahoo! menyediakan search.yahoo.com untuk itu. Yahoo! menggunakan jasa Google untuk mencari informasi di web, ditambah dengan informasi dari databasenya sendiri. Kelebihan Yahoo! adalah direktorinya. Yahoo! juga menyediakan pencarian yellow pages dan peta, yang masih terbatas pada Amerika Serikat. Yahoo juga menyediakan pencarian gambar.

Alltheweb
http://www.alltheweb.com

Keunggulan Alltheweb adalah pencarian file pada FTP Server. Tidak seperti web, FTP adalah teknologi internet yang ditujukan untuk menyimpan dan mendistribusikan file, biasanya program, audio atau video. Web sebenarnya lebih ditujukan untuk teks. Sejauh ini, hanya AllTheWeb yang menyediakan jasa pencarian file.

MSN
http://search.msn.com
Mesin pencari dari Microsoft Network ini menawarkan pencarian baik dengan kata kunci maupun dari direktori. Pemakai InternetExplorer kemungkinan besar sudah pernah menggunakan mesin pencari ini. Situs Searchenginewatch mencatat MSN sebagai mesin pencari ketiga populer setelah Google dan Yahoo! Tak ada pencarian image, atau news. Menyediakan pencarian peta, yellow pages, white pages, pencarian pekerjaan, rumah.

AskJeeves
http://www.ask.com 
Situs mesin pencari yang satu ini mengunggulkan kemampuannya  untuk memahami bahasa manusia. Pengguna bisa menggunakan  kalimat lengkap, bukan kata kunci. Situs ini berguna untuk  mengetahui jawaban dari pertanyaan(misal: when did world war II end?).

Google:
(www.google.com)
Selain pencarian web, Google juga menyediakan jasa pencarian gambar, pencarian ?berita serta pencarian pada arsip USENET (newsgroup), serta direktori, seperti Yahoo! Kelemahannya terletak pada tidak tersedianya pencarian file, video, dan audio. Keunggulan Google terutama adalah pada pencarian teks, terutama dari algoritma PageRank, database-nya yang besar serta banyaknya jenis file yang diindeksnya.

AltaVista
(www.altavista.com)  

Satu saat, AltaVista pernah menjadi mesin pencari terbesar. Saat ini, selain Alltheweb, Altavista juga menawarkan pencarian audio dan video. Keunggulan AltaVista adalah pilihan pencarian yang paling lengkap di antara semua mesin pencari.

Lycos
http://www.lycos.com  
Salah satu mesin pencari tertua. Saat ini Lycos lebih dikenal sebagai portal, sehingga fungsi pencarinya tidak terlalu menonjol. Lycos, selain mendukung pencarian web, juga menyediakan pencarian file MP3, dan video pada http://multimedia.lycos.com.

Garis waktu (daftar lengkap)
Tahun Mesin Status
1993 W3Catalog Tidak aktif
Aliweb Tidak aktif
1994 WebCrawler Aktif,
Aggregator
Go.com Aktif,
Yahoo Search
Lycos Aktif
1995 AltaVista Tidak aktif
(URL dialihkan ke Yahoo!)
Daum Aktif
Magellan Tidak aktif
Excite Aktif
SAPO Aktif
Yahoo! Aktif,
Diluncurkan sebagai direktori
1996 Dogpile Aktif,
Agregator
Inktomi Diakuisisi Yahoo!
HotBot Aktif
(lycos.com)
Ask Jeeves Aktif
(berubah nama menjadi ask.com)
1997 Northern Light Tidak aktif
Yandex Aktif
1998 Google Aktif
MSN Search Aktif
dengan nama Bing
1999 AlltheWeb Tidak aktif
(URL dialihkan ke Yahoo!)
GenieKnows Aktif,
berubah nama menjadi Yellowee.com
Naver Aktif
Teoma Aktif
Vivisimo Tidak aktif
2000 Baidu Aktif
Exalead Diakuisisi Dassault Systèmes
2002 Inktomi Diakuisisi Yahoo!
2003 Info.com Aktif
2004 Yahoo! Search Aktif,
Meluncurkan pencarian web sendiri
(lihat Yahoo! Directory, 1995)
A9.com Tidak aktif
Sogou Aktif
2005 AOL Search Aktif
Ask.com Aktif
GoodSearch Aktif
SearchMe Ditutup
2006 wikiseek Tidak aktif
Quaero Aktif
Ask.com Aktif
Live Search Aktif dengan nama Bing
Berganti nama menjadi MSN Search
ChaCha Aktif
Guruji.com Aktif
2007 wikiseek Tidak aktif
Sproose Tidak aktif
Wikia Search Tidak aktif
Blackle.com Aktif
2008 Powerset Tidak aktif
(dialihkan ke Bing)
Picollator Tidak aktif
Viewzi Tidak aktif
Boogami Tidak aktif
LeapFish Tidak aktif
Forestle Tidak aktif
(dialihkan ke Ecosia)
VADLO Aktif
DuckDuckGo Aktif, Aggregator
2009 Bing Aktif,
Sebelumnya Live Search
Yebol Aktif
Mugurdy Tidak aktif
karena tidak ada dana
Goby Aktif
2010 Blekko Aktif
Cuil Tidak aktif
Yandex Aktif,
Pencarian global
Yummly Aktif
2011 Interred Aktif
Yandex Aktif,
Pencarian Turki
2012 Volunia Aktif

sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Mesin_pencari_web

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar