Kamis, 21 Maret 2013

Membuat Batasan Pencarian di Google yang dikenal dengan sebutan teknik Googling


Membuat Batasan Pencarian di Google yang dikenal dengan sebutan teknik Googling
Berikut adalah penanda perintah yang dikenali oleh google untuk membatasi hasil pencarian
a.    Filetype
Fungsi penanda perintah ini adalah untuk membatasi hasil pencarian berdasarkan format file tertentu. Ada enam format file, selain HTML dan plain text yang bias ditelusuri oleh google, yaitu Adobe Acrobat PDF (pdf), Adobe Postscript (ps), Microsoft Word (doc), Rich Text Format (rtf), Microsoft Power Point 9ppt), dan Microsoft Excel (xls).
Contohnya; untuk mencari frase kebakaran hutan dalam dokumen berformat adobe acrobat PDF, maka kita bias menuliskan perintah pada bidang kata kunci; “kebakaran hutan” filetype:pdf.
b.    Site
Fungsi penanda perintah ini untuk membatasi hasil pencarian berdasarkan domain tertentu. Contoh: untuk mencari frase haji di situs web Pemerintah Indonesia, kita bias menuliskan perintah: haji site:go.id.
c.     Allintitle
Penanda perintah akan membatasi kata kunci terbatas pada posisi title atau judul sebuah halaman web. Contoh: untuk menemukan halaman web yang memuat kombinasi kata demokrasi dan Indonesia yang terletak pada judul halaman web, kita menulis perintah: allintitle:demokrasi Indonesia.
d.    Intitle
Kegunaanya hamper sama dengan penanda allintitle, yaitu mencari kata kunci yang terletak pada bagian judul halaman web. Bedanya, penanda perintah intitle hanya menjadikan kata kunci pertama sebagai patokan untuk mencari pada posisi judul, sedangkan kata kunci berikutnya akan dicari pada bagian lain halaman web. Contoh: untuk menemukan halaman web yang mengandung kata demokrasi pada bagian judul dan kata Indonesia pada bagian lain pada halaman web, kita tulis perintah: intitle:demokrasi Indonesia.
e.    Allinurl
Penanda perintah ini akan membatasi pencarian kata kunci terbatas pada posisi URL sebuah web. Contoh: untuk menemukan halaman web yang url-nya mengandung kata jim dan morisson, maka kita bisa menuliskan: allinurl:jim morisson.
f.     Inurl
Hampir sama dengan penanda perintah allinurl, penanda perintah inurl juga mencari kata kunci yang terletak pada bagian URL halaman web. Bedanya, penanda inurl hanya menjadikan kata pertama sebagai patokan untuk mencari posisi URL, sedangkan kata kunci berikutnya akan dicari pada bagian lain halaman web. Contoh: untuk menemukan halaman web yang mengandung kata help yang terletak pada posisi URL, dan linux pada bagian lain halaman, kita tulis perintah: inurl: help linux.
g.    Link
Penanda perintah ini akan mencari halaman-halaman web yang me-link ke halaman web tertentu. Contoh: kita sudah mendapatkan informasi yang cocok dihalaman http://www.paperairplanes.co.uk. Dengan harapan sumber lain yang me-link  ke halaman web tadi juga akan berisikan informasi yang kita butuhkan, maka kita bias menulis perintah: link: http://www.paperairplanes.co.uk/.

h.    Related
Kegunaan penanda ini akan mencari halaman web yang mungkin mempunyai kemiripan isi dengan web tertentu. Contoh: related http://www.paperairplanes.co.uk/.
i.      Cache
Kegunaan penanda perintah ini akan mencari halaman web yang sudah disalin (cached) oleh google. Contoh: jika kita akan mencari informasi tentang sastrawan AS Laksana dari situs web Jakarta School yang sudah disalin oleh google, kita dapat menuliskan perintah: cachedwww.jakartaschool.net laksana.


5 komentar: